-->

Kultum Ramadhan Singkat, Pendek tentang Amalan Utama di Bulan Puasa

Kumpulan Doa Islam – Kali ini kami akan memberikan contoh kultum ramadhan yang pendek dan singkat, kami mengangkat tema “6 amalan yang paling utama di Bulan Suci Ramadhan ini”. Sebagaimana kita ketahui bahwa satu hal yang cukup penting kita pahami adalah bahwa kita harus mengisi bulan suci ini dengna penuh keikhlasan dan power tinggi, karena bulan ini adalah bulan keberkahan bagi seluruh umat manusia dimuka bumi ini.

Kultum Ramadhan Singkat, Pendek tentang Amalan Utama di Bulan Puasa

Nah jika Anda penasaran seperti apa ke enam amalan tersebut? Alangkah baiknya anda menyimak acara kultum ramadhan kami ini, sebagaimana bisa kita bawakan saat kultum menunggu buka puasa, kultum sebelum shalat tarawih, kultum setelah tarawih dan/atau kultum ramadhan setelah sholat subuh, dan sebagainya.

Contoh Kultum Singkat Bulan Ramadhan

  • Pembukaan
Untuk pembukaan/mukoddimah Anda bisa menyimak ulasan kami diartikel ini “Contoh mukoddimah ceramah kultum lengkap”.

6 Amalan utama di Bulan Ramadhan

  • Membaca Al-Quran
Membaca Al-quran sangat ditekankan pada bulan suci ramadhan ini, sebab segala bentuk kebajikan pasti akan dilipatgandakan, dan ini tidak terjadi dibulan-bulan lainnya. Dan seperti hadits yang sudah terkenal bahwa satu huruf dari kitab Allah yang dibaca akan dikalikan dengan 10 kali lipat, nah kalau di bulan ramadhan akan dikalikan berkali-kali lipat. Jadi jangan malas baca Al-Quran ya syukur-syukur kalau 1 bulan penuh bisa qatam.
  • Memperbanyak sedekah
Sedekah bisa bermacam-macam, dan memberi sedekah juga bisa menambah rejeki kita sebagaimana ayat Al-quran berikut ini:

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui (QS 2:261).”
  • Memberi buka puasa kepada orang berpuasa
Memberi buka puasa adalah ibadah yang sangat indah, karena kalau kita memberi buka maka kita akan mendapatkan pahala orang itu, sebagai mana Hadits berikut ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memberi makan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa, sebagaimana orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahala dari orang yang berpuasa (HR Ahmad dan An-Nasa’i).”
  • Melaksanakan Qiyamul Lail
Mari kita lebih rajin dalam menjalankan Qiyamul Lail, karena disamping bisa menghapus dosa-dosa kita, qiyamul lail juga bisa menentramkan jiwa.
  • Melaksanakan  Ibadah Umrah
Umrah dibulan ramadhan bisa dibilang sama dengan haji, karena Nabi pernah bersabda demikian.
“Umrah pada Ramadan sama dengan haji. Atau dikatakan, `Haji bersamaku’.” (HR Bukhari-Muslim)
  • Mencari Lailatul Qadr
Mencari malam kemuliaan ini harus kita gencarkan di 10 malam terakhir, bisa kita dengan iktikaf dimasjid atau lainnya.

Demikian 6 amalan utama di bulan ramadhan semoga kultum ini dapat bermanfaat buat kita semua dan semoga ramadhan kita kali ini lebih sukses dari ramadhan-ramadhan kemaren, Aamiin, Wallahu A’lam Bishowab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel