-->

Contoh Mukadimah Pidato (Ceramah) Bahasa Arab dan Terjemahannya

Kumpulan Doa Islam – Assalamu’alaikum, Bagaimana kabar saudara semua, pasti baik-baik saja kan?, baiklah kali ini kami akan membahas mengenai  contoh mukadiman pidato / ceramah islami dalam bahasa arab dan artinya.

Kumpulan contoh kalimat pembukaan (mukodimah) ini tidak hanya membahas mengenai berpidato dan ceramah saja, tetapi juga bisa kita manfaatkan saat memberikan sambutan dalam acara-acara tertentu, seperti pertemuan keluarga, sambutan rutin pengajian dan peringatan hari-hari besar Islam.

Contoh Mukadimah Pidato (Ceramah) Bahasa Arab dan Terjemahannya

Pada dasarnya dalam membuat kalimat pembuka atau mukadimah ceramah pidato mula-mula kita memuji Allah SWT serta memanjatkan rasa syukur kita atas apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita.

Serta jangan lupa, setelah memuji Allah, kita serukan (membaca) sholawat atas Nabi Akhir Zaman yakni Nabi Muhammad SAW.

Nah tanpa panjang lebar yuk kita simak ulasan kami mengenai Kumpulan Contoh Mukadimah (Pembukaan) Ceramah/Pidato dalam bahasa arab dan terjemahan, berikut adalah ulasannya.

Contoh Mukadimah Pidato


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

Artinya :
Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.

Contoh Kalimat Pembukaan Ceramah (Mukodimah Pidato)


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ؛

Artinya :
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, atas karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul dalam rangka thalabulilmi, mencari ilmu. Serta kita bisa bersilaturahim, bertatap muka di majlis yang mulia ini dalam kadaan aman fi amanillah, sehat wal afiat. Mudah-mudaham setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat di hadapan llah Swt.Taklupa semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada jungjunan kita Nabi Muhammad Saw., kepada keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabiut tabiahum, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman yang menjadikan sebagai uswatun hasanah, suri tauladan yang baik.

Nah itulah beberapa kumpulan contoh mukaddimah ceramah dan pidato bahasa arab dan artinya , semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, dan terimakasih telah berkunjung dalam artikel mukadimah pidato kami, sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel