-->

Hikmah dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum'at

Kumpulan Doa Islam – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jum’at adalah hari istimewanya umat islam, baik untuk beribadah maupun berdoa, dan karena istimewanya hari ini jum’at maka hari ini lebih utama dari hari-hari lainnya.

Banyak amalan-amalan shaleh yang dapat kita lakukan didalam hari jum’at, dan ada salah satu porsi khusus jika kita melakukan amalan ini maka kita akan dicintai oleh Allah, seperti apa yah amalan ini adalah membaca surat al-kahfi.

Hikmah dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum'at

Pada kesempatan yang sangat spesial ini, kami ingin berbagi mengenai beberapa dalil-dalil shahih mengenai manfaat dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jum’at. Nah penasaran seperti apa yuk simak ulasan kami dalam laman VOA Islam berikut ini.

Dalil tentang Hikmah Membaca Surat Al-Kahfi di Hari/Malam Jum'at


Dari Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Rasulullah SAW bersabda:


مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ

Artinya :
"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
 
Artinya :
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,


مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ

Artinya :
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jum'at


Untuk keutamaannya adalah sebagai berikut:
  • Mendapatkan cahaya di 2 hari jum’at
  • Sebagai penghapus dosa
  • Dilindungi dari fitnah dajjal
Dalam riwayat Muslim yang lain, dari Abu Darda’ radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” Yakni dari huru-haranya.

Demikian beberapa manfaat dan keutamaan hari Jum’at membaca surat Al-kahfi, dan untuk Anda yang ingin membacanya online, silahkan kunjungi halaman ini “Surat Al-Kahfi”, semoga bermanfaat buat kita semua ya, Terimakasih. Wallahu A’lam Bishowab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel