-->

Bacaan Sujud Sahwi Lengkap Cara Sujud Sahwi

Kumpulan Doa Islam – Sujud Sahwi adalah sujud yang kita lakukan ketika kita lupa atau meninggalkan salah satu rukun sholat, seperti lupa rakaat dan lain-lain.

Dalam prakteknya kita melakukan sujud sahwi ini setelah tahiyat akhir sebelum salam, karena sujud ini sebagai permintaan maaf kita kepada Allah ketika kita lupa mengerjakan rukun dalam shalat. Dan kami akan membagikan kepada Anda bacaan sujud sahwi berikut adalah bacaanya.:


Bacaan Sujud Sahwi Lengkap Cara Sujud Sahwi

Sujud Sahwi


سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَيَسْهُوْ

Subhaana mal-laa yanaamu wa-laa yashuu

Artinya : "Mahasuci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa"

Dalil tentang tata cara melakukan sujud sahwi, sebagai berikut:

"Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam." (HR. Bukhari No. 1224 dan Muslim No. 570)

Hal-hal yang dapat menyebabkan sujud sahwi
Menambah rukun/pekerjaan shalat, untuk penjelasannya bisa saya jelasin sebagai berikut:
Jika ada seseorang sedang yang mau bangkit dari sujud untuk melakukan rakaat ke 3, tapi didalam hatinya ada keraguan banya itu adalah rakaat 2, maka kita ambil yang ringannya dulu, jadi kita anggap itu adalah rakaat 2, dan pada akhir sholat sebelum salam kita sujud sahwi dulu.

Baiklah demikian beberapa hal dan bacaan dalam melakukan sujud sahwi dalam sholat, baik itu cara sujud sahwi dan bacaan lengkapnya, semoga bermanfaat ya. Wallahu A’lam Bishowab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel